Untitled design (3)

Sejarah Rumah Ilmu

Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 32 tahun 2011 Tentang Layanan Perpustakaan Universitas Negeri Semarang, Perpustakaan Universitas Negeri Semarang adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT)  di  bidang  perpustakaan  yang  mempunyai  tugas  melaksanakan pemberian layanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan diselenggarakannya perpustakaan adalah untuk memberikan layanan kepustakaan guna membantu pemenuhan kebutuhan informasi bagi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui layanan perpustakaan tersebut diharapkan akan dapat menciptakan atmosfir dan budaya akademik yang menghasilkan lulusan professional yang berlandaskan nilai-nilai konservasi.

UPT Perpustakaan lahir, tumbuh, dan berkembang seiring dengan perkembangan Universitas Negeri Semarang (UNNES), mulai dari Bojong, Mugas, sampai di Jl. Kelud hingga sekarang di Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, UPT Perpustakaan selalu mengikuti dengan segala daya dan upaya agar mampu ikut berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan yang ideal sebagaimana yang diinginkan oleh masyarakat. Namun tanpa disadari bahwa tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi terasa lebih cepat, selain itu dinamika dan tantangan kian beragam dan memerlukan penanganan dan manajemen yang mampu untuk mengatasinya, bila belum mampu, paling tidak bisa mengantisipasi tuntutan dan dinamika tersebut.

Visi Rumah Ilmu

Smart Library for Conservation University

Smart Library for World Class University

Misi Rumah Ilmu

Menyelenggarakan smart library berbasis layanan digital.

Mengembangkan smart library yang berwawasan konservasi.

Membangun smart library yang bereputasi internasional.